Post Page Advertisement [Top]


DAY 5 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listen to Your Body - Group E
11-15 September 2019

Di dalam filosofi Hindu, hidup ini dikatakan adalah sebuah perjalanan atau evolusi spiritual. Secara sistematis dibagi kedalam dalam 4 tahapan yaitu Brahmacari, Grhastha, Vanaprastha dan Bikshuka (Caturasrama). Secara singkat bisa diartikan ada proses belajar, proses melanjutkan keturunan, menarik diri dari keterikatan duniawi, dan terakhir yaitu pengabdian diri kepada pribadi tertinggi (Bhakti).

Nah tahapan ini bisa juga berjalan paralel dengan perjalanan yoga kita. Setiap perjalanan adalah berarti dan mempunyai pelajarannya tersendiri. Sang nahkoda adalah Anda sendiri. Dia (Tuhan) adalah Pribadi yang ada untuk membukakan pintu kesempatan dan memberikan celah agar sinar sucinya bisa menerangi jalan kita.


Dengan bekal pedoman hidup yang tertuang di dalam ilmu-ilmu yoga dan kemudian diteruskan, diajarkan dan juga dicontohkan oleh teman seperjalannanya (bisa dipanggil guru) maka para praktisi yoga diharapkan mampu mengerti setiap langkah yang diambilnya. Benar - salah adalah hal yang biasa dalam proses itu, tapi pengalaman akan membentuk karakter Anda, menempa dan suatu saat setelah satu proses belajar terlampaui, maka tugas Anda untuk menentukan arah...  melanjutkan cerita dan menuliskan catatan harian Anda dengan hal-hal baru tanpa melupakan prinsip kearifan sebuah pengabdian.

Dan akhirnya persembahkanlah dengan tulus segalanya kembali kepada Dia, dan juga kepada Semesta dan ciptaanNya. "Bhakti & Devotion" adalah esendi dari yoga itu sendiri.
Teruslah belajar dan berkarya, dan biarkan Dia melalui tangan-tangan kecilnya senantiasa membimbing jalanmu. Yakinlah Dia ada selalu padamu. Na'ma'ska'r.

Yin Yoga World, Kutuh
15 September 2019




No comments:

Bottom Ad [Post Page]