Post Page Advertisement [Top]

DAY 2 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listen to Your Body - Group A
10-14 July 2019

Group Home YTT kali ini rupanya sangat heboh, meskipun yang saya dengar dari kamar sebelah adalah celetukan dan bahkan teriakan "bladder, back bend, ginjal..." pokoknya semua organ dalam disebutkan deh (LOL) namun mereka membahas itu sambil tertawa.

Serius dalam suasana santai adalah cara belajar yang baik. Pengalaman yang diceritakan dari murid - murid yang curhat ke saya, kalau mereka belajar dalam suasana tegang maka mental dan pikiran tidaklah sepenuhnya menerima materi yang diajarkan dan bahkan yang terjadi adalah sebaliknya yaitu "penolakan." Tentunya sia - sia bukan. Sekolah kami Yin Yoga World selalu ingin berbagi dengan cara yang indah dan berusaha membuka ruang untuk tanya - jawab dalam nuansa keakraban karena kami sangat menghargai perbedaan. 

Perbedaan inilah yang memperkaya ilmu yoga. Dengan diskusi yang baik maka kami percaya bahwa jarak antara "guru" dan "murid" akan semakin dekat. Suatu saat nanti kami ingin agar semua guru yoga yang pernah belajar di Yin Yoga World memiliki kualitas mengajar yang baik dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. 

Penyakit itu terus berkembang, ilmu pengobatan juga semakin berkembang, namun kita sebagai pengajar yoga yang notabene berkecimpung di dunia itu mau tidak mau harus kaya akan pengetahuan. Jangan cuma bisa mengatakan "Practice.. practice and the benefit will come..." atau di kelas yoga berulang ulang nyerocos "hold your bandha!" (#bahasasusah). 
Namun kita juga harus bisa menjabarkan "practice" apa yang sesuai dengan keadaan setiap murid kita. Ingatlah bahwa mereka bukan tentara yang harus bergerak seragam, bukan juga robot yang bisa diproduksi massal. Mereka adalah mahluk-mahluk indah dan spesial yang diciptaan Tuhan dengan segala keunikannya. 

Sungguhlah kebahagiaan yang tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata jikalau kita sebagai guru yoga melihat senyuman dan keceriaan di wajah muridnya setelah berlatih yoga secara rutin dan aman dan bahkan lebih bahagia lagi jikalau kita tahu latihan itu memberikan manfaat yang nyata bagi mereka. Daripada menyaksikan murid- murid kita cedera karena latihan yang tidak sesuai. 

Indahnya berbagi, salam meridian, Na'ma'ska'r 

Yin Yoga World, Kutuh
11 July 2019

No comments:

Bottom Ad [Post Page]