Post Page Advertisement [Top]



3 April 2020: PERENUNGAN 4: (Day4 Home YTT RYS Yin Yoga World).

Pagi-pagi saya nguping dari kamar sebelah, ketika Mbak Yuni menjelaskan anatomi tubuh manusia. Kira-kira begini: Serabut otot menyatu membentuk sekumpulan otot dan menempel ke tulang kita sebut Tendon. Lalu ada Ligamen yang menghubungkan kedua tulang. Lalu di antara tulang ada persedian yang menciptakan dan sekaligus membatasi ruang gerak. Kemudian skeleton atau rangka manusia terbentuk, dan akhirnya di bawah satu komando dari pikiran maka terciptalah gerakan.

Lalu saya mulai merenung, bahwa di dunia ini tidak ada yang bisa berdiri sendiri, itulah sebabnya  kita tergolong mahluk sosial. Dari profesi petani, nelayan yang memproduksi bahan mentah, lalu kemudian ada warung dan toko yang mengolah dan menjual kepada masyarakat. Kemudian ada jasa pengantar /transportasi untuk membawanya kepada konsumen. Ini adalah satu mata rantai yang saling mengisi. Tidak boleh ada seseorang yang menganggap hanya dirinya saja yang terpenting sedangkan yang lainnya tidak. Mulai dari gojek, penjaja makanan, sampai presiden, semuanya memiliki peran penting. Dalam kehidupan sosial semuanya saling mendukung untuk menciptakan gerakan, sehingga kemajuan dan kemakmuran bisa terjadi.

Begitu pula kesadaran manusia. Evolusi terjadi setiap saat, sel-sel yang membentuk pikiran dan mempengaruhi kesadaran manusia terus tumbuh dan berkembang. Pertanyaannya adalah, apakah yang mempercepat evolusi kesadaran manusia?

Untuk menjaga kemurniannya, maka sel pikiran haruslah dicukupi oleh makanan satvika, yaitu makanan yang bagus bagi pikiran. Namun tidak cukup sampai disitu, badan juga harus dijaga kesehatannya. Termasuk melakukan olah raga (yoga) secara teratur. Dan akhirnya hal yang tidak kalah penting yaitu tidak berhenti belajar dan berbagi sehingga ilmu kita bisa berguna bagi orang lain. Selalu bangkitkan cinta kasih di dalam diri. Melakukan meditasi adalah salah satu cara yang baik untuk selalu terhubung dengan kesadaran Nya. Dengan cara ini, Dia yang Maha Mencintai akan tersenyum, dan pasti percepatan kesadaran kolektif akan terjadi. Na'ma'ska'r.

My Inspiration: "The Stance of Salvation"
"Now, this meditation (sa'dhana') for complete merger, for unification, starts with fearful love.  Love must be there.  Unless and until there is love, there cannot be unification.  So love must be there, but it starts with fearful love and ends in fearless love; and the space between fearful love and fearless love is the space of sa'dhana'.  What is sa'dhana'?  Sa'dhana' is the transformation of fearful love into fearless love."
(My Beloved  Shrii Shrii Anandamurti)

No comments:

Bottom Ad [Post Page]