Post Page Advertisement [Top]


(Last Day of 100Hrs Yin Yoga Teacher Training | Qi Cultivation)

Terima kasih semesta, 10 hari sudah terlalui. Meskipun badan terasa remuk redam dan pikiran sering "nge-hang" tapi semangat yang tinggi mampu memenangkan itu semua. Yin yoga bukan saja mengajarkan tentang berpasrah, namun jauh melampau itu, kita semua dituntun untuk memunculkan sisi positif dari pasrah, yaitu usaha yang kuat dalam perjuangan kita. Itulah keseimbangan yin dan yang. 

Dibalik perjuangan itu tentu ada cerita - cerita indah yang layak untuk dikenang... tentang persahabatan, dan tentang kedekatan sebuah keluarga besar yoga, Yin Yoga World. 

Teringat seuntai kalimat saat kelas terakhir yang dibawakan Vie, "...kelak pintu-pintu pemahaman akan menemukan kuncinya...." Sesungguhnya Yin Yoga itu sarat akan pesan cinta kasih, kesabaran dan religius dalam jalinan hubungan antar manusia alam dan Sang Pencipta.

Seperti halnya pembahasan 5 elemen yang sering sukses membuat rona wajah berubah, antara nggak ngerti dan terpana, tapi dengan kesabaran berdiskusi maka pemahaman pun akan hadir. Itu adalah contoh bahwa kedalaman sebuah ilmu haruslah melalui proses yang panjang. Terkadang di awal Yoga Teacher Training, logika awam seperti menolak realitas yang ada. Elements, Shio, Qi... masih terasa sangat asing. Namun dengan penjelasan yang detail dari mbak Yuni maka logika "pribadi" masing - masing peserta bisa dipertemukan dan menjadi logika kolektif. 

Memang seharusnya ilmu yoga memegang teguh logika, karena kita dianugerahi pikiran dan kecerdasan, namun terkadang sebagai manusia kita semua berproses dan tidak semuanya bisa di-logika-kan, seperti sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta, yang tidak selalu bisa dilogikakan.

Buat teman-teman yang sudah 3 hari dibombardir Teaching Practice, hari ini adalah hari terakhir. Terima kasih sudah hadir bersama kami, menjadi bagian dari kami, menjadi pendengar yang baik dan pelaku yoga yang dipenuhi oleh energi positif dan cinta kasih. 

Buat Group terakhir teaching practice hari ini, Keep the spirit, this is your Last Dance!

Na'ma'ska'r





No comments:

Bottom Ad [Post Page]