Post Page Advertisement [Top]

DAY 4 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listen to Your Body - Group B
26-30 June 2019

Anatomi adalah bagian dari ilmu yoga yang mau tidak mau harus dipelajari oleh seorang praktisi dan juga instuktur yoga. Topiknya bisa menjadi hal yang menakutkan, karena akan ada video pembedahan mayat, dan lebih menakutkan lagi karena kita akan dipaparkan tentang struktur tulang kita yang tidak sekuat yang kita bayangkan; ataupun penjelasannya menjadi membosankan apabila yang menjelaskan anatomi yoga bukan praktisi yoga dan mengakibatkan pembahasannya menjadi tidak ada korelasinya.

Salah satu peserta yoga teacher training kali ini berinisial "L" berkomentar "Yang saya pernah ikuti biasanya di kelas yoga anatomi penjelasannya itu enggak nyambung dengan yoga itu sendiri, namun di yin yoga saya menemukan benang merahnya." 

Gaya dan cara hidup kita saat ini seringnya membuat tubuh jarang bergerak sehingga kemudian timbul isu di seputar tulang, otot dan bahkan syaraf. Yoga adalah latihan yang baik untuk mengatasi itu semua asalkan dilakukan dengan benar. Latihan yoga yang salah justru akan memperparah kondisi tubuh anda. Maka dari itu sebagai calon guru yoga yang nota bene di dalam kelas yoga kita akan mempergunakan tubuh orang lain untuk mendapatkan manfaat padanya, maka harusnya kita membekali diri kita dengan ilmu yang banyak tentang hal-hal yang rentan dan rumit. 

Tubuh manusia itu sangatlah rumit. Tanggung jawab kita tidak gampang. Hari ini lead teacher kita Ibu Nyoman Wahyuni dari pagi sudah bercerita menggunakan bahasa "planet lain" yaitu bahasa anatomi yang susah. Tujuannya tak lain adalah untuk memberikan pemahaman yang benar tentang tubuh manusia, dan syukurnya semua peserta terlihat menikmati dan bahkan banyak bertanya, ini adalah tanda yang baik. Selamat berlatih.

Yin Yoga World, Kutuh
29 June 2019

No comments:

Bottom Ad [Post Page]