Post Page Advertisement [Top]

DAY 1 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listen to Your Body - Group E
11-15 September 2019

Setiap memulai kegiatan teacher training selalu saja ada sesuatu yang baru, tentunya karena kita bertemu dengan teman baru.

Memperkenalkan diri adalah hal yang menarik untuk membuka diri dan membangun kebersamaan. Kita menjadi tahu posisi kita ada di mana, dan dari situ kita mulai melangkah.

Banyak cerita lucu dan juga seru saat sesi perkenalan itu. Saat bercerita tentang perjalanan yoganya terkadang tanpa sengaja mulai keluar curhatan pendek, yang bisa jadi mengenai sekolah yang diikuti sebelumnya, maupun tentang guru - guru yoga yang sempat ditemui.

Nah dari sana saya tahu bahwa setiap perjalanan itu unik, dan setiap orang mempunyai buku catatan tersendiri tentang perjalanan sebelumnya. Apakah itu indah? Baik? Buruk? Atau malah menorehkan trauma? Itu kami simpan di dalam hati.

Salah satu kode etik kami di Yin Yoga World adalah boleh bercerita tetapi jangan menghakimi, karena kami paham bahwa setiap guru yoga mempunyai fans dan juga haters. Hanya saja komposisinya yang berbeda-beda.
Dan setiap praktisi yoga mau tidak mau pada saatnya akan terkoneksi, betul tidak?

Sejelek-jeleknya guru yoga pasti ada penggemarnya, sebaik-baiknya guru yoga pasti ada yang membenci. Jangan sampai kita menjelek-jelekkan seorang guru yoga di depan penggemarnya, ini yang akan menghancurkan kebersamaan. Di dalam Yin Yoga kita selalu diingatkan untuk lebih banyak mendengar dan berkomentar seperlunya saja, itupun setelah melalui beberapa lapisan "pintu kesadaran" dalam diri yaitu logika - kebijaksanaan - kedewasaan - kebesaran hati.

Kami melarang jenis rumpian yang asyik membicarakan orang pada saat orangnya tidak ada; menertawakan, menjelek - jelekkan tanpa tujuan yang jelas. Daripada begitu, lebih baik kita lanjut minum kopi dan mulai bercerita tentang nikmatnya setiap tegukan kopi Anda yang bisa jadi adalah berasal dari campuran biji kopi dari Sabang sampai Merauke atau bahkan dari Africa! Kita bisa belajar dari kopi bahwa perbedaan itulah yang memberikan rasa unik dan nikmat ☕😊

Mungkin gerakan positif ini yang membuat sekolah kami didatangi oleh hampir semua kalangan praktisi yoga yang datang dari berbagai latar belakang dan sekolah yang berbeda. Dan hal ini bisa terjadi karena kami selalu berusaha fokus pada pengajaran yoga, dan tidak mau terganggu oleh hal-hal yang kurang penting yaitu perbedaan dan kehebohan yang ada diluar sana, karena kami sadar, bahwa yoga itu adalah tentang bagaimana kita menata ketidakharmonisan yang ada di dalam diri.

Kiranya tema YTT Modul 1 "Listen to Your Body" sangat jitu untuk membentuk fondasi yang kuat bagi para pecinta yoga yang ingin memulai langkah pertamanya: "perjalanan ke dalam diri".
.

Yuk mulai langkah kita, Na'ma'ska'r ❤

Yin Yoga World, Kutuh
11 September 2019

1 comment:

La Casa Surya said...

You have shared a lot of information in this article. I would like to express my gratitude to everyone who contributed to this useful article. Keep posting. freediving tulum

Bottom Ad [Post Page]