Post Page Advertisement [Top]

DAY 2 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listen to Your Body - Group E
11-15 September 2019

Belakangan ini telinga saya sangat akrab atau bahkan sudah mulai merasa otak saya tercuci dengan kata "yin" dan "yang". Dua kata ini hanya terdiri dari 3 huruf dan 4 huruf, tetapi terasa begitu dahsyatnya merasuk ke dalam setiap aspek yoga yang dijelaskan oleh Lead teacher kita ibu Nyoman Wahyuni.

Yin dan yang bisa dijabarkan begitu luasnya dari anatomi tubuh manusia, dikaitkan juga dengan siang/ malam, sampai kepada sirkulasi energi yang tak terlihat, Chi atau Prana. Meskipun ilmunya terlihat ribet tapi sebenarnya bisa juga dikemas dengan cara sangat sederhana. Dasar dari ilmu ini adalah keseimbangan.

Seperti contoh yang diberikan oleh Ibu Yuni, "Biasanya bapak-bapak itu suka olahraga misalnya futsal atau bermain bulu tangkis di malam hari karena sehabis berolah raga badan terasa segar." Kalimat diatas sepertinya terlihat benar dan bahkan keren.

Tetapi, kalau dipandang dari sudut pandang kesehatan ala Yin yoga, itu justru hal yang tidak alami. Malam hari adalah saatnya tubuh untuk istirahat, dan secara alami tubuh akan merasa ngantuk atau kurang segar. Dengan membuatnya segar di malam hari, entah dengan cara apapun maka itu akan melawan prinsip keseimbangan yin dan yang.

Jangan heran, kebiasaan membuat tubuh segar di malam hari pelan-pelan akan merusak organ dalam tubuh kita misalnya liver dan jantung, sehingga pada akhirnya resiko serangan jantung atau terkena penyakit serius lainnya bisa didapat.

Penjabaran konsep "yin-yang" yang dijelaskan saat Yoga Teacher Training begitu logis, dan dibuat sesederhana mungkin, sehingga seolah-olah para peserta teacher training disadarkan kembali dengan perlakuan negatif terhadap dirinya, kebiasaan jelek dan ditambah lagi kekonyolan dari prinsip-prinsip hidup yang justru sebenarnya melawan ritme atau prinsip kerja dari alam semesta.

Ibu Yuni juga mengutip nasehat dari seorang teman yang juga adalah shin se-nya "Sebanyak-banyaknya vitamin yang Anda konsumsi, atau sehebat-hebatnya pose yoga atau olah raga yang Anda lakukan, kalau Anda suka begadang maka itu tidak bisa membuat tubuh Anda sehat." Simple saja bukan?

Mari jaga tubuh kita agar ritmenya sesuai dengan prinsip-prinsip dari alam semesta, karena sesungguhnya tubuh kita kurang lebih adalah miniatur dari alam semesta. Na'ma'ska'r ❤

Yin Yoga World, Kutuh
12 September 2019


No comments:

Bottom Ad [Post Page]