Post Page Advertisement [Top]

DAY 4 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listen to Your Body - Group D
4 - 8 September 2019

Jaman penjajahan dahulu, ilmu itu begitu mahalnya, sampai - sampai orang rela dipaksa, dimarahin dan bahkan disiksa hanya untuk bisa dapat kesempatan belajar dan menjadi "pintar".

Tapi begitu beruntungnya karena kita punya Ibu Kartini, seorang sosok wanita pemberani yang penuh inspirasi dan emansipasi. Saat ini, tentunya kondisi tidak sama, di mana intelektual kita sudah jauh berkembang. Termasuk juga berkembangnya rasa penghargaan terhadap diri. Mana mau orang kembali dibodohi, dijajah apalagi dibentak-bentak tidak karuan hanya untuk bisa "pintar". Karena jaman sudah berubah maka yang kita harapkan adalah nuansa saling menghargai karena masing-masing dari kita adalah orang pintar dengan skill yang berbeda-beda. Dan kita hidup di masa dimana etikalah yang memberikan polesan keindahan dalam perilaku. Dan karena semua orang punya ruang rahasia di dalam diri yang berlabel pride dan privacy. Kehalusan adalah ciri manusia yang lahir di era sekarang. Dengan pengertian ini seyogyanya hal ini bisa membuat kita lebih fokus dan kembali kepada tujuan semula, yaitu belajar.

Saat ini banyak guru yoga yang gagal memahami muridnya. Nah karena apa? Karena mereka terbiasa dengan pujian dan sanjungan. Dia hanya fokus pada dirinya, dan yang besar kemungkinan akan menumbuhkan ego. Nah, ego inilah yang kemudian merusak.

Pagi ini, lead teacher RYS Yin Yoga World: Ibu Nyoman Wahyuni memberikan kesempatan kepada muridnya untuk berlatih sendiri, menemukan kreativitas dalam batasnya. Dengan cara demikian, latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan muridnya untuk menghargai diri sendiri, dan kemudian menghargai orang lain secara wajar dan proporsional, tanpa ada ego yang berlebihan atau drama yang bernuansa negatif.

Setiap tarikan nafas, setiap untaian kata dan setiap gerak tubuh selalu diawasi dengan bijak sehingga menciptakan harmonisasi antara di dalam dan di luar diri yang sesungguhnya adalah satu.

Harapan kami, semoga latihan ini mampu menciptakan ruang untuk kreativitas di dalam suasana cinta kasih universal. Selamat berlatih,  Na'ma'ska'r.

Yin Yoga World, Kutuh
7 September 2019

No comments:

Bottom Ad [Post Page]