Post Page Advertisement [Top]

DAY 4 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listen to Your Body - Group E
11-15 September 2019

Seringkali saya mendengar dari murid -murid yang datang kepada kami untuk belajar yin yoga mengenai celotehan dari temannya yang membuat telinga mereka bergetar,
"Kenapa sih kamu belajar yin yoga?”, "Apa sih yang menarik dari yin yoga, kan cuma tidur-tiduran gitu aja."

Tidak sebatas itu saja, dan bahkan mereka sendiri dulunya pernah juga mengikuti kelas yin yoga dan mendapatkan pengalaman yang serupa, disuruh tidur-tiduran, menahan pose dalam durasi yang lama dan mendengarkan suara singing bowl. Hanya itu. Membosankan!

Hal ini memang terdengar menyedihkan. Karena kami tahu, bahwa di luar sana ada pengajar-pengajar yin yoga yang hanya belajar yin hanya dengan menonton youtube atau mengikuti workshop singkat dan bahkan hanya mau membuang sedikit waktunya untuk mengikuti "special class" dan mulai mengajar.

Memang tidak salah untuk membagi ilmu yang kita punya, namun kebiasaan belajar pose tanpa tahu arti dan tujuan pose itu dilakukan adalah kekonyolan besar di dunia yin yoga.

Yin Yoga sama sekali bukan tentang pose - pose yang bisa diseragamkan untuk semua peserta yoga. Yin adalah keselarasan pose yang selalu disesuaikan dengan struktur anatomi tubuh masing-masing orang, yin adalah tentang bagaimana kita fokus kepada manfaat yoga. Yin adalah pola latihan yoga yang terstruktur dan aman, dan bahkan bisa dikatakan yin yoga adalah meditasi yang dilakukan sambil melakukan pose yoga.

Ketika kita melakukan yin yoga, yang terlihat adalah tidur-tiduran, mungkin itu benar, namun sebelum dan setelahnya bisa diseimbangkan dengan latihan "Yang Yoga", yang merupakan unsur dinamis dari kelas yin yoga itu sendiri. Desain kelas akan selalu menyesuaikan dengan tubuh dan juga waktu kelas itu dilakukan. Kelas pagi, kelas siang dan kelas malam tentunya akan berbeda. Kelas haruslah disesuaikan dengan Meridian Clock yang mana berhubungan erat dengan kinerja organ - organ dalam tubuh kita. Bisa dikatakan bahwa latihan ini tidaklah semudah Anda tidur-tiduran saja, namun jauh melampaui itu sebagai peserta yoga seharusnya kita diberikan pemahaman yang jelas tentang apa itu manfaat dan tujuannya, serta bagaimana melakukan pose itu dengan benar.

Adalah tugas sekaligus kewajiban yang berat bagi pengajar yoga untuk memahami Yin yoga secara keseluruhan, karena itu berarti Anda harus belajar tentang Anatomi yang benar, filosofi hidup yang luas dan belajar bagaimana mengaitkannya dengan kelas Anda.

Akhirnya semua itu akan tercermin dalam tingkah laku dan kedewasaan Anda dalam membawa nama besar Yoga secara keseluruhan. Selama ini kebanyakan murid-murid yang serius belajar Yin yoga akan terlihat lebih dewasa, humble dan bijaksana. Tidak suka menunjukkan sisi persaingan, tidak suka membicarakan orang lain, apalagi meremehkan yoga itu sendiri. Karena mereka tahu, bahwa setiap tubuh dan jiwa itu unik dan berbeda.

Setelah mengikuti Teacher Training dari Yin Yoga World, jikalau kemudian ada seseorang yang mengatakan kepada Anda, bahwa Anda sedang membuang-buang waktu dan juga uang, silahkan dijawab dengan senyuman. Na'ma'ska'r ❤

Yin Yoga World, Kutuh
14 September 2019

11 comments:

Pyramid Yoga School said...

You have share a nice article here about the Yin Yoga. Your article is very informative and useful for those who are looking for the Best Yoga Training Classes in Bali. Thanks for sharing this article here.

bayyoga said...

This post is really awesome. Genuinely i like this blog. It gives me more useful information. I hope you share lots of things with us .Yoga Studio in Dubai for Bikram Yoga

Shimis Yoga said...
This comment has been removed by the author.
Shimis Yoga said...

Thank you for posting such a great information regarding yoga. I am very grateful that I found some helpful content from this post.Private Yoga Classes in Dubai Keep Posting.

Snailax Corporation said...

You have made my day by posting such a descriptive post about massager . I would like to thank you for publishing such a post.back massager gifts Keep Posting.

La Casa Surya said...

I admire this article for the well-researched content and excellent wording. I got so involved in this material that I couldn’t stop reading. I am impressed with your work and skill. Thank you so much. yoga freediving tulum

inlightretreats said...

I will share it with my other friends as the information is really very useful.Read more info about Luxurious yoga retreats New York City. Keep sharing your excellent work.

gym51 said...

Excellent knowledge, You are providing important knowledge. It is really helpful and factual information for us and everyone to increase knowledge. Continue sharing your data. Thank you. Read more info about home gym singapore

aaronnssd said...

It is truly a well-researched content and excellent wording. I got so engaged in this material that I couldn’t wait to read. I am impressed with your work and skill. Thanks. Read more info about cancun yoga retreat

Mark Ruffalo said...

Your blog contains lots of valuable data. It is a factual and beneficial article for us. Thankful to you for sharing an article like this.Lightweight Yoga Mat

harefitness said...

I appreciate you taking the time to explain this since I have strong feelings about it and I enjoy knowing more about it. Would you mind adding more information to your blog as you acquire experience? Affordable Home Gym Singapore ?It would be greatly appreciated by me.

Bottom Ad [Post Page]