Post Page Advertisement [Top]


DAY 3 Yin Yoga World Home YTT Modul 2 Unwind and Letting Go - Group B

18-22 Desember 2019

Mengajar yoga itu gampang gampang susah ya. Terlalu banyak belajar teori bisa jadi membuat pusing kepala. Saya banyak mengamati guru-guru yoga yang sudah banyak belajar berbagai jenis style yoga, ternyata masih  bingung saat belajar yin. Ada apa? Mungkin karena banyak Yoga Teacher Training School mengajarkan teori yang belum bisa dijabarkan melalui logika yang masuk di akal.
Di dalam Yin Yoga kita belajar untuk mengaitkan semua pelajaran yoga dengan teori yang berbasis logika. Yin yoga itu luas, namun Lead teacher kita ibu Yuni cukup ahli meramu Ayurveda, Tantra yoga dan Traditional Chinese Medicine menjadi satu formula yang mudah dicerna oleh logika. Ternyata semua itu berkaitan sangat erat. Perlahan tapi pasti mereka yang haus akan ilmu yoga mau tidak mau akan menerima alur logika ini. Satu persatu rahasia tubuh manusia, emosi dan pikiran pun terungkap. Semakin dalam belajar yin yoga semakin Anda mencintai diri Anda. Itu yang sering saya dengar dari teman-teman yang datang belajar ke sekolah kami Yin Yoga World.

Pagi tadi saya kembali membuat mereka berkeringat dan setelah break langsung tancap belajar teori dari Ibu Yuni. Dari kamar sebelah saya mendengar perbincangan mengenai Scar tissue, Fascia, Fiber, Fuzz ... dan segala tanya jawab yang berkenaan dengan anatomi tubuh manusia. Masih heran, anatomy yang nota bene biasanya adalah materi yang sangat membosankan bisa dibuat menarik oleh mbak Yuni. Seorang guru yoga yang lemah di bidang teori anatomi biasanya akan menerapkan pose yoga secara membabi buta kepada muridnya dan ini sering kali berasal dari sumber informasi secara sepotong-sepotong, acak dan dogmatis yang berujung pada kebingungan.

Maka janganlah pernah malas untuk belajar. Ini adalah tanggung jawab kita agar bisa mengajarkan yoga yang baik dan sesuai kepada murid kita. Mengutip kalimat dari Ibu Yuni, "Tidak ada kata untuk berhenti belajar." Jangan hanya bangga dengan salam "namaste" yang diberikan oleh murid kita namun sebaiknya kita sebagai guru yoga harus memberikan lebih dari itu kepada mereka, yaitu Ilmu dan latihan yang benar. 
Semoga waktu dan segala pengorbanan yang kalian berikan saat belajar bersama kami membawa kebaikan bagi kita semua. Na'ma'ska'r.

Yin Yoga World, Kutuh

20 December 2019

No comments:

Bottom Ad [Post Page]