Post Page Advertisement [Top]

DAY 4 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listening to Your Body - Group C

11-15 Desember 2019


Manusia adalah mahluk yang berpikir, artinya kekuatan manusia adalah pada pikirannya, bukan fisik belaka. Psikologi pikiran adalah mengikuti pikiran yang lebih kuat, artinya, sebenarnya kita satu sama lain terkoneksi melalui gelombang pikiran yang kasat mata. Pikiran bisa menjadi keras karena dipenuhi ego, yang sering dikonotasikan dengan istilah keras kepala.
Namun, pikiran juga bisa lebih tajam dari mata pedang samurai. Kekuatan yang negatif cenderung berusaha memanipulasi pikiran yang lemah dengan membuat logika yang salah, kemudian mulai melakukan doktrin.
Tentu saja mereka kemudian mendapatkan pengikut setia, yang terdiri dari pikiran - pikiran yang lemah dan kemudian mereka mulai bersatu dan menjadi kekuatan besar.
Di sisi yang lainnya, pikiran yang tenang dan mencapai kekuatannya dengan latihan mengontrol pikiran cenderung memilih tempat yang sepi untuk berlatih "mendengarkan diri". Ini sangat baik.
Namun kalau tidak diimbangi dengan kebijaksanaan, hal ini juga mempunyai kelemahan yaitu mereka terbentuk menjadi mahluk individual. Yogii sering pergi ke hutan dan bermeditasi sendiri. Akibatnya adalah pencapaian kesempurnaan meditasi didapat secara individu. Ini bagus.
Namun, apa yang terjadi ketika kebaikan yang masih terpecah belah ini berhadapan dengan sekumpulan masyarakat yang digerakkan oleh pikiran negatif yang sedang mendominasi? Kekuatan ini menjadi tidak seimbang. Hal ini perlu mendapat perenungan. Kalau kita menginginkan kebaikan di dalam masyarakat, seharusnya "kebaikan yang tercecer" ini bersatu. Dan dari situ, kita mulai melangkah menuju kepada kebaikan yang lebih "besar", yaitu kesejahteraan universal. Itulah semangat dari yoga.
Pagi ini lead teacher Yin Yoga World Ibu Yuni mengawali kelas yoga pagi dengan meditasi. Terselip harapan semoga kita semua mendapatkan pencerahan dan di kemudian hari kita bisa mendekatkan diri ke dalam masyarakat, berbagi dan menjaga, agar kekuatan positif itu selalu ada.
Mari kita melangkah bersama menuju Dharma. Na'ma'ska'r.

Saya mengutip tulisan dari Guru saya Shrii Shrii Anandamurti dalam bukunya:
PROBLEM OF THE DAY
"The absence of universal spirit is the root of all evils. Strong people are
torturing the weak. Powerful human groups are exploiting the weaker ones. Under such circumstances, it is the duty of good people to declare war on the oppressors. It will not be of use to sit quiet for an indefinite period in the hope that only moral preaching will be fruitful. Hence, all good people will have to be united. There should be a pauseless preparation for war against the oppressors.


Na'ma'ska'r
Yin Yoga World, Kutuh
14 Desember 2019

No comments:

Bottom Ad [Post Page]