Post Page Advertisement [Top]


DAY 3 Yin Yoga World Home YTT Modul 1 Listening to Your Body - Group C
11-15 Desember 2019

Seingat saya saat saya masih kecil sampai kira-kira setengah baya saya masih menikmati obrolan ringan misalnya membahas hobby, umur, wanita idaman, cita-cita dan lain sebagainya.
 Masih teringat saat-saat sangat ngetrend di masanya yaitu saling bertukar buku harian untuk diisi BIODATA. Ayo... siapa yang pernah mengalami, ngacung!!! :P
Tapi, sekarang jaman sudah berubah. Tidak ada lagi obrolan tentang biodata dan menanyakan usia. Seakan kita terlalu sensitif kalau ketahuan terlihat lebih tua dari umur kita. Pertanyaannya adalah apakah salah dengan bertambahnya usia?
Di dunia yoga, sepertinya inilah isu yang sering dimainkan. Yoga untuk awet muda, dan berlaku juga di dunia detox, apapun yang dikatakan membuat awet muda pasti akan laku dijual. Tapi sebenarnya, apa misteri dibalik awet muda VS penuaan dini ini?
Benarkah itu karena kurang makan sayur atau buah, sehingga jawabnya adalah harus ekstrim dan menjadi Fruiterian? Atau, apakah benar yoga membuat kita awet muda?
Pertanyaan ini sangat mendasar, dan perlu penjelasan yang logis. Kami dari Yin Yoga World selalu menyelipkan topik pembahasan yang bersifat menganalisa tubuh berdasarkan kebutuhan utamanya, keseimbangan nutrisi, latihan yoga yang sesuai dan istirahat yang cukup.
Jawabnya cukup mudah, semuanya tidak boleh berlebihan!


Makan, tidur dan latihan yoga harus diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan siklus alam semesta.
Seperti yang sering dikatakan sinshe: "Jangan pernah melawan energi alam yang sangat besar, karena tubuh kita pasti akan hancur." Contoh yang sangat mendasar yaitu alam terkoneksi dengan manusia melalu siklus siang dan malam. Artinya, di saat siang hari maka bekerja keraslah dan saat malam hari istirahatlah. Sangat sederhana bukan?
Saat Anda melakukan yoga di malam hari, janganlah melakukan pose-pose yoga yang berat dan memacu jantung. Lakukanlah pose-pose yang mengarah pada stretching dan meditasi. Jika Anda melakukan pose yoga keras, itu justru akan kontradiktif dengan tujuan "awet muda". Maka jangan heran kalau Anda salah melakukan yoga, maka yang terjadi adalah sebaliknya, penuaan dini.
Begitu pula tentang makanan dan waktu istirahat, yang mana semua ini berhubungan dengan organ dalam tubuh manusia. Semakin baik Anda mengaturnya, semakin selaraslah Anda dengan alam. Banyak lagi yang Mbak Yuni jelaskan dalam Yoga Teacher Training Modul 1 yang sedang berlangsung ini.
Kalau masih penasaran, yuk kepoin jadwalnya di seluruh Indonesia. Cek IG
@yinyogaworld ya.
Salam sehat, Na'ma'ska'r.



Na'ma'ska'r
Yin Yoga World, Kutuh
13 December 2019

No comments:

Bottom Ad [Post Page]