Post Page Advertisement [Top]

 "UNWIND & LETTING GO."

Catatan pribadi tentang perjalanan yoga Made Agus Wirayasa


Sejak kami Yin Yoga World mengadakan Home YTT secara otomatis saya belajar juga untuk menjadi Host. Tangan yang dulunya pernah cedera akibat kebanyakan handstand mulai sering terasa nyeri, karena kebanyakan chat. Ada aja calon peserta Teacher Training yang nanya yoga, pendaftaran dll. Maklumlah dulu saya belum tahu melakukan yoga secara benar. 

Profesi sebagai pengajar yoga membuat saya berusaha untuk melakukan pose yoga sebanyak-banyaknya agar bisa tampil lebih lebih percaya diri saat mengajar. Ketemu murid yang minta diajarkan pose susah... ayo! Kala itu bangga juga sih dapat banyak pujian, kelas private juga laris. Rasanya memang berada diatas angin. Begitulah mindset saya saat itu.

Namun sayangnya pengetahuan anatomi saya jeblok, sehingga saya tidak sadar pergelangan tangan saya sudah menjalani operasi sebanyak 3 kali karena ada cairan yang keluar (Ganglioma). Saya bahkan tidak tahu kalau ternyata latihan yoga saya lah yang menjadi penyebabnya. Ironis juga.

Belakangan setelah belajar Yin Yoga dan anatomi dari mantan murid saya, Yuni memberikan pencerahan akan penyebab kenapa saya harus melakukan operasi ganglioma. Konstruksi anatomi pergelangan tangan saya tidak menguntungkan saya untuk melakukan handstand dan juga beberapa gerakan yoga ekstrim lainnya.

Menyesal? tidak juga, tapi saya mendapat pelajaran yang berharga tentang melakukan pose yoga yang baik dan sesuai bagi tubuh saya. Meskipun pelajarannya cukup mahal. Dan saat ini saya merasa lebih percaya diri menjadi seseorang yang mampu menjaga kesehatan diri dan juga kesehatan murid saya. Inilah saat yang tepat bagi saya untuk mengucapkan syukur akan jalan yoga yang saya pilih. 

I love yoga. Na'ma'skar. 

Untuk yang ingin belajar bersama kami, masih ada beberapa slot YTT Modul 2: Unwind & Letting Go. Kita akan belajar secara Online (Zoom) mengenai Anatomi, Myofascial Release, Ayurveda, Meridian Nidra dll. Buruan booking, slot terbatas, langsung whatsapp ke Pak Made ya dengan klik link ini  http://wa.link/sr7igr



No comments:

Bottom Ad [Post Page]