Post Page Advertisement [Top]

written by Made Agus Wirayasa

A Yin Yoga Teacher Training by RYS Yin Yoga World

Dulu sebelum mengenal TCM (Traditional Chinese Medicine) yang jaman now diplesetkan oleh Fangny menjadi Trendy Chinese Medicine, saya memperlakukan tubuh saya sama dengan semua type tubuh manusia. Minimnya pengetahuan akan anatomy baik itu menyangkut tubuh fisik, mental dan emosi membuat saya “tak terkendali’. Saya berolah raga secara membabi buta, yoga overdose, diet makanan yang tidak sesuai dengan type tubuh saya dan banyak lagi hal lain yang justru membuat tubuh saya tidak seimbang. Kala itu saya seperti “salah pergaulan” karena banyak sekali mendengar orang berkata ”Makanan ini bagus, super food, boleh dikonsumsi sebanyak-banyaknya bla bla bla …tanpa memandang unsur panas atau dingin nya makanan dan tanpa mengerti type tubuh saya. Saya seperti mengarungi gurun Sahara tanpa GPS. 

Namun karena tubuh muda saya tergolong kuat, maka saya bisa melaluinya dengan selamat. Tapi disaat usia menginjak 40, saya mulai merasakan keluhan-keluhan yang tidak saya rasakan sebelumnya. Sering masuk angin, Sering cedera otot (meskipun ringan), kelenturan otot berkurang. 

Selain mengajar yoga kebetulan kala itu saya juga aktif memberikan Water Shiatsu dengan cara berendam di air hangat ber jam-jam. Setelah itu malamnya sampai besoknya hampir sekujur tubuh saya merasa gatal. Saya tidak mengerti. Namun kala itu saya masih berusaha bertahan, dan berharap suatu saat nanti tubuh saya akan bisa menyesuaikan. Tapi kenyataannya malah semakin parah. 

Namun setelah belajar TCM barulah saya mengerti kenapa tubuh saya seperti itu. Itu karena menurut ilmu TCM, elemen saya adalah Air dan saya tidak cocok berendam lama di dalam air, tidak cocok dengan konsumsi RAW food. Karena tubuh saya cenderung dingin.

Dan syukurnya setelah saya menerapkan ilmu TCM dan Yin Yoga maka hampir semua keluhan teratasi. Ini adalah pelajaran yang sangat berharga bagi saya, dan semoga menjadi inspirasi bagi kita semua.

“Listen To Your Body” adalah pesan untuk kita semua betapa uniknya tubuh kita. Jangan pernah merusaknya dengan kurangnya pengetahuan. Balajarlah, temukanlah keunikannya dan cintailah.  Maka hidup pasti akan lebih sehat dan bahagia. Na’ma’ska’r

Yuk cek youtube hari ini juga:


Link sosmed YIn Yoga World https://linktr.ee/yinyogaworld

No comments:

Bottom Ad [Post Page]