Post Page Advertisement [Top]

 


written by Made Agus Wirayasa

Day 8 & 9

A Yin Yoga Teacher Training By RYS Yin Yoga World
Module 6 100 Hrs A TOUCH OF HARMONY
Date: 9-13 Feb and 9-13 March 2022
Lead Teacher: Nyoman Wahyuni
Mentor: Fangny Juwono & Krisna Yinthusiast
Participants: Elphiera, Shanty Rochima, Gina Tobing, Gaby, Rina Vera, Cindy Anggelina, Patrisia Elly, Harry Benk
Team YYW: Made & Pino Novita Karana 

Waktu terus berputar dan begitupula kehidupan. Saat susah datang kita menangis, saat senang kita tertawa. Itulah manusia yang penuh dengan ekspresi dan emosi. Namun sebagian dari kita terkadang  suka berpura-pura tegar, menebar senyum palsu. Karena takut terlihat tak berdaya dan lemah. Atau sebagian lagi selalu merasa tidak puas akan suatu kebahagiaan yang harusnya disyukuri. Itu adalah contoh cara pengelolaan emosi yang tidak tepat.

Kita semua pasti pernah berada pada titik dimana kita harus berdiam sejenak dan berfikir. Orang baik akan memberikan waktu untuk introspeksi. Orang sombong akan bergumam, ”Akulah yang terbaik, tidak ada yang bisa mengalahkanku. Aku paling pintar, paling benar. Maka tidak perlu lagi belajar dan mendengarkan pendapat orang lain.”

Maka diapun berhenti untuk belajar. Mati secara mental.

Apakah ada kebijaksanaan dari sikap itu? tentu tidak. Semua yang sudah merasa mencapai sesuatu, dan berhenti bergerak maka akan ditinggalkan oleh pergerakan lainnya.

Di dalam yoga, kita mengenal simbol Yin Yang dan Swastika yang melambangkan pergerakan. Hanya sesuatu yang bergeraklah yang menciptakan kesempatan dan  membawa perubahan. Tinggal kemana kita mengarahkannya. 

Kebenaran akan tercapai apabila seluruh energi pergerakan itu datang dari hati nurani. bukan didorong oleh nafsu duniawi. Emosi dan ekspresi yang dimiliki manusia adalah berkah yang diberikan Tuhan untuk peka kepada sesama mahluk hidup. Untuk saling berbagi dan saling support, bukan untuk saling menjatuhkan.

Untuk itulah kami hadir. Saat kita berbagi di dalam kelas yoga adalah kesempatan berharga yang dihadirkan buat kita untuk terus bergerak bersama menuju kebaikan. Itulah esensi dari sebuah kehidupan.  

Samgachadvam (Lets move together) Na’ma’ska’r





No comments:

Bottom Ad [Post Page]