Post Page Advertisement [Top]

 


written by Nyoman Wahyuni

YTT module 4: Replenish the chi (50 hrs) RYS Yin Yoga World.

Sedikit berbeda dengan pembahasan di module 1-3 yang lebih menekankan sisi pengenalan TCM dan anatomi, di module 4 pembahasan lebih banyak pada sisi filosofi, yang artinya lebih menggali ke dalam diri. Sebagai seorang pengajar yoga tentu idealnya kita memiliki keyakinan yang teguh akan nilai” kebaikan yang kita ajarkan di kelas. Tentunya ini adalah PR kita masing” bagaimana kita menerapkan apa yang kita ucapkan dalam kehidupan sehari”.

Ada pertanyaan yg sedikit menggelitik di TT ini, yaitu apakah akan diajarkan bagaimana cara “menjual” jasa mengajar atau sisi marketing dan bisnis dari yoga ini.

Saya sejenak tercenung karena sadar selama ini saya sangat jarang berbicara di kelas YTT mengenai hal ini. Yg lebih banyak disampaikan justru kesediaan utk berbagi ilmu dan memasrahkan hasilnya kepada semesta yg memberikan kesempatan.

Sejujurnya saya memang tidak menguasai cara marketing yg baik, karena selama ini saya sangat beruntung semesta mempertemukan saya dengan host” yang  cakap di bidang marketing dan team yang bersedia berkutat dengan urusan perintilan dan sosmed.

Jadi, saya hanya perlu melakukan apa yang saya sukai yaitu mengajar dan membagikan pengetahuan dan ilmu yang saya miliki.

Jadi kalau ada pertanyaan mengenai “berjualan”, mereka lah yg lebih paham 😅.

Saya hanya memasrahkan semuanya kepada semesta yg memberikan kesempatan mengajar buat saya. Apa pun hasilnya saya meyakini itu lah yang terbaik buat saya. Cukup atau tidak cukup secara materi toh kita sendiri yang menetapkan batasannya. 

Terima kasih buat semua peserta YTT kali ini yang sebagian besar menyelesaikan 200 jam. Semoga apa yang sudah dipelajari bisa memberikan manfaat dan kebaikan bagi diri dan sesama. Meskipun saya tidak bisa mengajarkan trik” jitu dalam marketing, semoga tidak mengurangi kesediaan untuk berbagi dengan ikhlas. Terima kasih sudah menjadi bagian dari keluarga Yin Yoga World.

Terima kasih utk host dan team YYW yang ada di belakang dan depan layar yg sudah membuat semuanya berjalan dengan baik.


Beberapa cuplikan daily clip dari Replenish The Chi kemarin:




untuk info teacher training dan pendaftaran, hubungi Pak Kepsek ya di 0813-3808-0993 atau klik https://bit.ly/YYWMade 

No comments:

Bottom Ad [Post Page]