Post Page Advertisement [Top]



Catatan Workshop Qi Gong “The Essential of Qi Gong - Metal & Wood."
Date: August 6 - 7, 2022  


Workshop Qi Gong telah berlalu. Sukses? Puji Tuhan jawabnya iya. Tapi itu bukanlah segalanya. Karena jalan ini masih panjang dan cobaan itu sering datang tak terduga. Selama kita berani untuk melangkah maka tentu saja akan ada resiko “sukses” ataupun “gagal”. 


Kesuksesan mengajarkan kita untuk merasakan manisnya buah dari perjuangan. Kegagalan juga memberikan pelajaran bahwa kta tidak boleh cepat putus asa, belajar untuk sabar dan introspeksi. Mungkin saja kesuksesan itu terlahir dari sekumpulan kegagalan. 


Ditempa Sang Waktu, lambat laun kami juga mengerti bahwa hasil bukanlah segalanya. Menikmati dan mencintai sebuah proses bahkan lebih membahagiakan. 


Seperti seorang fotografer yang sedang jalan-jalan ke sebuah lokasi sambil membawa kamera. Kalau dia hanya berorientasi untuk mendapatkan foto yang bagus, maka disaat cuaca dan momen tidak dia dapatkan maka saat dia pulang … pasti membawa “kekecewaan”. 


Tapi jika dia tidak bertarget akan hasil, saat dia berada di lokasi maka itulah saat yang tepat untuk menikmati pemandangan, mengamati sekitar dan sesekali mengobrol ringan dengan pedagang asong atau tukang parkir. Dia sangat menikmati momen itu sampai lupa kalau dia sedang membawa kamera. Dia bahagia, bahkan tanpa hasil foto.


Kalau kita sadar dan mau melihat lebih luas tentang hidup ini, hasil foto, kesuksesan workshop, dan semua keberhasilan yang bersifat sementara … itu bisa diibaratkan seperti kudapan saja. Makanan pokoknya adalah kebahagiaan. Sematkanlah kebahagian itu pada setiap proses yang kita jalani. Karena itulah hasil yang sebenarnya. Menangkanlah hidup ini dengan kerja keras dan sambutlah hasilnya dengan hati yang bahagia.


Terima kasih Tuhan.

Terima kasih kepada semua peserta workshop. 

Terima kasih Team: Ko Mul, Yuni, Fangny, Pino & me.




No comments:

Bottom Ad [Post Page]