Post Page Advertisement [Top]

6 Juni 2020: DAY 4 Home YTT RYS Yin Yoga World

Hari ini Mbak Yuni menjelaskan tentang anatomi yoga dan beberapa hal yang biasanya menimbulkan masalah di dalam praktek yoga rutin. Sebagai pendatang baru, kebanyakan praktisi yoga berharap setelah sesi kelas-kelas yoga rutin yang diikuti, mereka akan mendapatkan semua hal sehat dan positif yang sudah biasa dituliskan di sosial media. Tubuh langsing, awet muda, kesembuhan dari penyakit yang diderita dan bahkan ada juga yang ingin menjadi guru yoga. 

Namun, dalam perjalanannya seringkali tidak semulus apa yang dibayangkan. Ada yang mendapat cedera, ada yang kecewa karena penyakitnya tidak sembuh-sembuh dan bahkan mendapatkan penyakit baru, ada pula yang bertambah gemuk. Aduh kenapa ini ya? Di mana salahnya?

Kebanyakan orang hanya mengetahui yoga sebatas kulit luarnya saja. Asanas atau pose - pose yoga adalah termasuk tahapan awal dari perjalanan yoga yang panjang. Dengan hanya melakukan asanas maka tentu manfaat yoga belum menjadi maksimal. Kita juga harus mempelajari aspek lain dari yoga. 

Teori di balik setiap pose-pose yoga itu sangatlah penting. Dan kelengkapan latihan yoga yang berkesinambungan akan membawa kepada hasil yang maksimal. Nah, inilah yang belum banyak digali. 

Teori yang benar akan membuka pintu kebijaksanaan dalam latihan Anda. Sayangilah diri Anda. Ingatlah bahwa goal Anda adalah ceklis yang sudah Anda tanamkan sebelum  menggelar matras. Maka dari itu, bertumbuhlah, dan sayangi diri. Jangan pernah berkompetisi di dalam kelas karena sesungguhnya semua tubuh itu unik dan istimewa. 

Jangan mau mengambil resiko yang besar hanya karena ingin bisa menguasai pose yang "wow", tapi pahami dulu tubuh Anda sebelum berlatih. Pahami juga diet yang seimbang untuk mendukung asupan nutrisi pada tubuh dan pikiran Anda. Ingat, cedera yang didapat saat berlatih biasanya berasal dari pemahaman teori yang dangkal tentang tubuh dan anatomi. Yang berikutnya bisa dikarenakan oleh arahan yang salah dari guru yoganya. 

Sayangilah tubuh Anda. Mulailah belajar menjadi seorang praktisi yoga yang bijaksana kepada tubuh. Sehingga mungkin suatu saat nanti, jikalau Anda menjadi seorang guru yoga maka Anda juga dapat membimbing praktisi yoga lainnya dengan aman. Setelah proses ini dilalui, maka Anda sah untuk "kecanduan yoga." 


Selamat berlatih. Na’ma’ska’r


No comments:

Bottom Ad [Post Page]