Post Page Advertisement [Top]



Mengenang kembali perkenalan pertama saya dengan Yin yoga di tahun 2012 silam. Waktu itu yg muncul di benak saya adalah kok posenya ditahannya lama amat ya? Sebagian besar pose rasanya enak banget tapi sebagian lainnya lumayan menyiksa. Dan itu mengulik rasa ingin tahu saya shg akhirnya memutuskan mengambil TT Yin yoga 200 jam oleh Jo Phee dan Joe Barnett yg membawakan metode dari Paul Grilley. Saat itu selama hampir sebulan penuh tiap hari dijejalin dengan ilmu anatomi dan basic TCM. Yang sangat berkesan bagi saya adalah mereka selalu mengajarkan sebuah pose hanyalah sebuah alat bukan tujuan akhir. Sebuah alat utk membantu kita mengenali diri sehingga kita bisa menyadari kembali tujuan kita melakukan yoga itu apa. Tentu saja tiap orang akan memiliki tujuan yg berbeda dan itu tidaklah menjadi masalah.



Pada satu ketika Tuhan memberikan kesempatan bagi saya untuk membuat program TT sendiri. Dibawah naungan sekolah yg kami namakan Yin Yoga World @yinyogaworld . Dalam benak saya dan @madeyoganae saat itu kata “world” memberikan ruang bagi sebuah “rumah” yg sangat toleran terhadap sebuah perbedaan. Dan pada prakteknya TT kami memang akhirnya diikuti oleh mereka yg berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Dan itu buat kami adalah sebuah keindahan.

Selama 5 hari kemarin kami mengadakan TT module 1 untuk kesekian kalinya. Buat saya modul ini adalah dasar2 dari pemahaman saya akan yin yoga ataupun yoga secara umum. Dan biasanya di module ini saya bertemu dengan banyak orang2 baru yg terkadang sama sekali belum pernah mengikuti kelas Yin yoga.

Karena pada dasarnya saya sangat suka belajar, bertemu mereka yg sangat baru, memberikan kesempatan buat saya belajar banyak. Pertanyaan2 yg mereka lontarkan seringkali tidak terduga. Sangat seru buat saya hehe.. Saya jadi sering diingatkan kalau masih banyak hal yg saya tidak tau. Terima kasih bagi kalian yg sudah mengajarkan banyak hal kepada saya dan bersedia menerima keterbatasan2 saya. Love you all 

Terima kasih buat host2 saya yg membuat TT ini terlaksana @mawarsari @heru_58 @yogacorner_yk @nuripiqyu

Terima kasih @pinonyuu dan @avanti.klynsri yg membuat TT ini berjalan dgn lancar ❤️❤️.


Nyoman Wahyuni,

Kutuh 1 February 2021





No comments:

Bottom Ad [Post Page]