Post Page Advertisement [Top]

“Pengamatan”
Membuka Kesadaran Diri.

written by Made Agus Wirayasa


Kenapa kehidupan di dunia modern saat ini banyak membawa stress dan penyakit mental? Dan mengakibatkan disharmony kinerja organ tubuh. Pertanyaan ini seringkali muncul namun seakan- akan tidak menjadi prioritas. Orang lebih suka membiarkan tubuh dan pikirannya bekerja extra keras dan berharap tidak sakit. Saat sakitpun mereka merasan nyaman dengan mengkonsumsi obat-obat kimia. Tapi apakah benar bahwa itu cara hidup yang terbaik?



Jika mau kita telusuri lagi, dahulu mama papa atau generasi diatasnya memiliki tubuh dan pikiran yang lebih sehat. Mereka berumur panjang, meskipun mereka jarang makan enak yang katanya “bergizi tinggi”. Mereka merasa cukup nyaman dengan menjalankan pola hidup yang sudah dilakukan pendahulunya. Cara hidup yang sesuai dengan tempat dimana mereka hidup. Lebih banyak melakukan kerja fisik, makan teratur dan cukup istirahat. Dan sisa waktu mereka pergunakan untuk bertemu temen-teman dan saudara. Ngobrol sambil minum teh atau kopi.


Namun kehidupan sekarang tidaklah demikian. Kemajuan jaman membawa perubahan besar. Internet membawa kita jauh melampaui batas ruang. Internet menghipnotis generasi ini dengan merasa bahwa setiap jengkal tanah di dunia ini adalah sama. Lalu kita asik mengadopsi semua informasi dan mencoba-coba hal baru yang seringkali tidak sesuai. Pola diet makanan yang berantakan, pola tidur yang tidak lagi alami. Dan bahkan internet membuat pikiran kita selalu alert. Selalu aktif, tidak sempat beristirahat barang sejenak.


Apa yang terjadi?

Kita tidak lagi punya waktu untuk mendengarkan apa yang terjadi pada tubuh. Lambat laun kita melupakan seni merawat tubuh dan pikiran secara alami, yang diwariskan para leluhur kita di masa lalu. Perasaan “tidak aman” akan perubahan dunia yang serba cepat menimbulkan persaingan dan membuat pikiran super aktif.  Selalu menganalisa perubahan sekitar. Pikiran tidak mampu istirahat, bahkan mau tidur pun harus minum obat tidur. 



Dalam Modul 1 dari Teacher Training Listen To Your Body, kita belajar dan berlatih untuk kembali ke dalam diri. Diam sejenak, memberikan waktu diri untuk mengamati tubuh dan pikiran. Melalui rasa yang kita dapatkan, semoga mampu melahirkan pengalaman yang menyenangkan melalui proses “berdamai dengan diri”. Sesaat kita mencoba tenang, tanpa menganalisa, dan  mencoba berhenti sejenak untuk menikmati diri saat melakukan “pengamatan.” 


Terima kasih teman-teman yang sudah meluangkan waktu belajar dan berbagi bersama kami. 

LOVE.


Sebuah catatan Yin Yoga Teacher Training Modul 1: Listen To Your Body.
Date: 25-29 January 2023


No comments:

Bottom Ad [Post Page]